Sunday 23 February 2014

Prasasti Tuk Mas

PRASASTI TUKMAS

Prasasti tuk mas atau disebut pula dengan prasasti dakawu  terletak di Kelurahan Lebak, Kecamatan Grabag,  Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Batu alam dari lereng Gunung Merbabu yang dipahat dengan satu baris Aksara Pallava berbahasa Sanksekerta sementara ini merupakan prasasti berusia paling awal yang di temukan di Jawa Tengah, berdasar Paleografisnya bersal dari kisaran abat VI-VII M.

            Batuan alam berukuran cukup besar yang memuat aksara dan Bahasa dari India tersebut berada didekat sebuah mata air yang jernih. Boleh jadi mata air tersebut marupakan sumber air suci-layaknya air suci Sungai Gangga di India yang dipercaya oleh masyarakat dan Pemuka Agama Siva yang mungkin tingal disekitarnya dan mengelola sumber air pada saat itu. Kesucian mata air tersebut dikuatkan dengan keberadaan prasasti didekatnya yang memuji mata air yang keluar dari gunung dan menjadi sebuah sungai.

Gambar: 


Transkrip prasasti Tuk Mas berbentuk sajak sebagai berikut:
(itant) usucyamburuhanujata
Kwacicchilawalukanirgateyam
Kwacitprakimna subhasitatoya
Samprasrata m(edhya) kariwa ganga

Terjemahan sajak yang terdiri dari empat baris tersebut adalah:
Bermula dari teratai yang gemerlapan
Dari sini memancarlah sumber air yang mensucikan,
Air memancar keluar dari sela-sela batu dan pasir,
Di tempat lain memancar pula air sejuk
Dan keramat separti (sungai) Gangga

Dismping tulisan, prasasti memuat gambar roda (cakra), Teratai (padma), nyala api, denah bangunan dan gambar yang yang masih sulit untuk diidentifikasi. Gambar yang dapat diidentifikasi merujuk pada laksana (tanda kusus) yang digunakan para Pemuka Agama Siva (penganut agama hindu)

Sumber: Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah 
Foto: Sam Sam
Rewrite: Sam Sam

No comments:

Post a Comment